AsyncLocalStorage adalah class bawaan Node (terletak di modul async_hooks) yang dapat digunakan untuk memberikan context pada eksekusi operasi asynchronous dan juga semua operasi asynchronous yang dipanggil oleh operasi tersebut. Untuk menunjukkan kondisi dimana class ini dapat membantu, saya menulis sebuah kode program tanpa async context seperti berikut ini:

class Room {

    constructor(public roomId: string) {}

    async jalankan(): Promise<void> {
        const webRTC = new WebRTC();
        console.log(`Menyiapkan peserta di room ${this.roomId}`);
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.buatSession(this.roomId, 'peserta1');
        });
        await webRTC.buatSession(this.roomId, 'peserta2');
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.buatSession(this.roomId, 'peserta3');
        })
    }

}

class Helper {

    constructor() {}

    async buatStream(roomId: string, peserta: string): Promise<string> {
        console.log(`Membuat stream untuk peserta ${peserta} di room ${roomId}`);
        return `stream ${peserta}`;
    }

}

class WebRTC {

    constructor() {}

    async buatSession(roomId: string, peserta: string): Promise<string> {
        const helper = new Helper();
        const stream = await helper.buatStream(roomId, peserta);
        await Database.simpan(roomId, peserta);
        return stream;
    }

}

class Database {

    public static storage = new Map<string, string[]>();

    constructor() {}

    static async simpan(roomId: string, peserta: string): Promise<void> {
        console.log(`Menyimpan ${peserta} untuk room ${roomId}`);
        if (this.storage.has(roomId)) {
            this.storage.get(roomId).push(peserta);
        } else {
            this.storage.set(roomId, [peserta]);
        }
    }

}

async function main() {
    const room1 = new Room('room1');
    await room1.jalankan();
    const room2 = new Room('room2');
    await room2.jalankan();
    setTimeout(() => {
        console.log(Database.storage);
    }, 0);

}

main();

Kode program di atas mewakili kode program Node.js modern pada umumnya dimana penggunakan Promise, async dan await dapat dijumpai diberbagai tempat. Pada contoh di atas, method Room.jalankan() adalah sebuah asynchronous function, yang kemudian memanggil asynchronous function lainnya: WebRTC.buatSession(). Asynchronous function ini selanjutnya akan memanggil asynchronous function lainnya lagi: Database.simpan(). Bila kode program di atas dijalankan, saya akan meperoleh hasil seperti:

Menyiapkan peserta di room room1
Membuat stream untuk peserta peserta2 di room room1
Menyimpan peserta2 untuk room room1
Menyiapkan peserta di room room2
Membuat stream untuk peserta peserta2 di room room2
Menyimpan peserta2 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta1 di room room1
Menyimpan peserta1 untuk room room1
Membuat stream untuk peserta peserta3 di room room1
Menyimpan peserta3 untuk room room1
Membuat stream untuk peserta peserta1 di room room2
Menyimpan peserta1 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta3 di room room2
Menyimpan peserta3 untuk room room2
Map(2) {
  'room1' => [ 'peserta2', 'peserta1', 'peserta3' ],
  'room2' => [ 'peserta2', 'peserta1', 'peserta3' ]
}

Walaupun kode program di atas berjalan dengan lancar dan benar, ada yang sedikit tidak sedap dipandang di deklarasi method-nya: saya harus selalu menyertakan sebuah variabel roomId untuk setiap asynchronous function yang dipanggil untuk mengetahui room mana yang sedang dikerjakan. Untuk membuat contoh ini sedikit lebih kompleks, saya akan mengubah class WebRTC menjadi sebuah EventEmitter. Class ini juga perlu mengetahui room yang sedang dikerjakan sehingga event yang di-emit juga perlu menyertakan argumen roomId seperti pada revisi berikut ini:

import {EventEmitter} from 'events';

class Room {

    constructor(public roomId: string) {}

    async jalankan(): Promise<void> {
        const webRTC = new WebRTC();
        console.log(`Menyiapkan peserta di room ${this.roomId}`);
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.emit('buat_session', this.roomId, 'peserta1');
        });
        await webRTC.emit('buat_session', this.roomId, 'peserta2');
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.emit('buat_session', this.roomId, 'peserta3');
        })
    }

}

class Helper {

    constructor() {}

    async buatStream(roomId: string, peserta: string): Promise<string> {
        console.log(`Membuat stream untuk peserta ${peserta} di room ${roomId}`);
        return `stream ${peserta}`;
    }

}

class WebRTC extends EventEmitter {

    constructor() {
        super({captureRejections: true});
        this.on('buat_session', async (roomId: string, peserta: string) => {
            const helper = new Helper();
            await helper.buatStream(roomId, peserta);
            await Database.simpan(roomId, peserta);
        });
    }

}

class Database {

    public static storage = new Map<string, string[]>();

    constructor() {}

    static async simpan(roomId: string, peserta: string): Promise<void> {
        console.log(`Menyimpan ${peserta} untuk room ${roomId}`);
        if (this.storage.has(roomId)) {
            this.storage.get(roomId).push(peserta);
        } else {
            this.storage.set(roomId, [peserta]);
        }
    }

}

async function main() {
    const room1 = new Room('room1');
    await room1.jalankan();
    const room2 = new Room('room2');
    await room2.jalankan();
    setTimeout(() => {
        console.log(Database.storage);
    }, 100);

}

main();

Bagaimana bila saya ingin menghilangkan parameter roomId yang kini sudah tersebar dimana-mana? Pada contoh ini, saya hanya menggunakan satu variabel roomId, bayangkan bila ada banyak nilai context selain roomId yang harus dipakai bersama. Bukankah JavaScript memiliki konsep variabel global? Saya akan mencoba mengubah kode program supaya menggunakan sebuah variabel global roomId yang dapat dibaca dari mana saja seperti berikut ini:

import {EventEmitter} from 'events';

let roomId: string;

class Room {

    constructor(public roomId: string) {}

    async jalankan(): Promise<void> {
        const webRTC = new WebRTC();
        roomId = this.roomId;
        console.log(`Menyiapkan peserta di room ${this.roomId}`);
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.emit('buat_session', 'peserta1');
        });

        await webRTC.emit('buat_session', 'peserta2');
        setImmediate(async () => {
            await webRTC.emit('buat_session', 'peserta3');
        });

    }

}

class WebRTC extends EventEmitter {

    constructor() {
        super({captureRejections: true});
        this.on('buat_session', async (peserta: string) => {
            const helper = new Helper();
            await helper.buatStream(peserta);
            await Database.simpan(peserta);
        });
    }

}

class Helper {

    constructor() {}

    async buatStream(peserta: string): Promise<string> {
        console.log(`Membuat stream untuk peserta ${peserta} di room ${roomId}`);
        return `stream ${peserta}`;
    }

}

class Database {

    public static storage = new Map<string, string[]>();

    constructor() {}

    static async simpan(peserta: string): Promise<void> {
        console.log(`Menyimpan ${peserta} untuk room ${roomId}`);
        if (this.storage.has(roomId)) {
            this.storage.get(roomId).push(peserta);
        } else {
            this.storage.set(roomId, [peserta]);
        }
    }

}

async function main() {
    const room1 = new Room('room1');
    await room1.jalankan();
    const room2 = new Room('room2');
    await room2.jalankan();
    setTimeout(() => {
        console.log(Database.storage);
    }, 100);

}

main();

Kode program terlihat jauh lebih rapi dari sebelumnya. Class WebRTC yang sebelumnya membutuhkan informasi roomId hanya karena perlu diteruskan ke class lain yang dipanggil, kini tidak perlu memiliki ketergantungan tersebut lagi. Masing-masing method yang membutuhkan roomId dapat mengambil nilai tersebut dari variabel global. Namun, yang jadi masalah adalah kode program di atas tidak benar! Hasilnya salah dan tidak sesuai dengan yang diharapkan:

Menyiapkan peserta di room room1
Membuat stream untuk peserta peserta2 di room room1
Menyimpan peserta2 untuk room room1
Menyiapkan peserta di room room2
Membuat stream untuk peserta peserta2 di room room2
Menyimpan peserta2 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta1 di room room2
Menyimpan peserta1 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta3 di room room2
Menyimpan peserta3 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta1 di room room2
Menyimpan peserta1 untuk room room2
Membuat stream untuk peserta peserta3 di room room2
Menyimpan peserta3 untuk room room2
Map(2) {
  'room1' => [ 'peserta2' ],
  'room2' => [ 'peserta2', 'peserta1', 'peserta3', 'peserta1', 'peserta3' ]
}

Mengapa demikian? Hampir sama seperti masalah sharing data saat menggunakan thread, karena Promise dikerjakan secara asynchronous, nilai variabel global memiliki peluang besar untuk menjadi tidak konsisten. Pada contoh di atas, saat room1 belum selesai dikerjakan, namun room2 sudah mulai dikerjakan, nilai roomId secara global adalah room2. Tentu saja ini membuat eksekusi room1 yang belum selesai tersebut melihat nilai roomId berupa room2 (dimana seharusnya room1).

Untuk mengatasi hal ini, saya dapat menggantikan peran variabel global di atas dengan sebuah instance dari AsyncLocalStorage seperti yang terlihat pada revisi kode program berikut ini:

import {EventEmitter} from 'events';
import {AsyncLocalStorage} from 'async_hooks';

const asyncLocalStorage = new AsyncLocalStorage();

class Room {

    constructor(public roomId: string) {}

    async jalankan(): Promise<void> {
        await asyncLocalStorage.run(this.roomId, async () => {
            const webRTC = new WebRTC();
            console.log(`Menyiapkan peserta di room ${this.roomId}`);
            setImmediate(async () => {
                await webRTC.emit('buat_session', 'peserta1');
            });
            await webRTC.emit('buat_session', 'peserta2');
            setImmediate(async () => {
                await webRTC.emit('buat_session', 'peserta3');
            });
        });
    }

}

class WebRTC extends EventEmitter {

    constructor() {
        super({captureRejections: true});
        this.on('buat_session', async (peserta: string) => {
            const helper = new Helper();
            await helper.buatStream(peserta);
            await Database.simpan(peserta);
        });
    }

}

class Helper {

    constructor() {}

    async buatStream(peserta: string): Promise<string> {
        const roomId = asyncLocalStorage.getStore() as string;
        console.log(`Membuat stream untuk peserta ${peserta} di room ${roomId}`);
        return `stream ${peserta}`;
    }

}

class Database {

    public static storage = new Map<string, string[]>();

    constructor() {}

    static async simpan(peserta: string): Promise<void> {
        const roomId = asyncLocalStorage.getStore() as string;
        console.log(`Menyimpan ${peserta} untuk room ${roomId}`);
        if (this.storage.has(roomId)) {
            this.storage.get(roomId).push(peserta);
        } else {
            this.storage.set(roomId, [peserta]);
        }
    }

}

async function main() {
    const room1 = new Room('room1');
    await room1.jalankan();
    const room2 = new Room('room2');
    await room2.jalankan();
    setTimeout(() => {
        console.log(Database.storage);
    }, 100);

}

main();

Sekarang kode program menghasilkan output yang bener dan tetap sederhana dibandingkan dengan versi paling awal! Walaupun demikian, kode program seharusnya masih bisa terlihat lebih rapi lagi. Saat ini saya tetap harus menjadikan variabel asyncLocalStorage sebagai variabel global yang bisa di-akses bersama karena variabel ini dibutuhkan untuk membaca context untuk asynchronous operation yang sedang aktif. Fitur async context di Node.js untuk saat ini tidak mendukung fasilitas seperti Zone.current di Angular yang bisa mengembalikan Zone yang sedang aktif dimana saja tanpa perlu menyimpan referensinya.